Nury Effendi

Lahir di Surakarta, 25 Agustus 1956. Menyelesaikan pendidikan sarjana muda jurusan geologi di Institut Teknologi Bandung pada 1982, kemudian setahun berikutnya pada 1983 memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjadjaran Bandung. Pada 1987 menamatkan studi strata 2 dan memperoleh gelar Master of Art (MA) di bidang ekonomi dari The Ohio State University, Columbus, Ohio, Amerika Serikat. Selanjutnya pada 2000 merampungkan studi doktoralnya di The University of Oklahoma, Norman, Oklahoma, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Doctor of Pholosophy (PhD) di bidang ekonomi.

Pada 2020, Ia terpilih menjadi anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) untuk periode tahun 2020-2023. Ia juga telah dianugerahi gelar Guru Besar di bidang Makro dan Ekonomi Keuangan dari Universitas Padjadjaran, Bandung sejak 2019. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Padjadjaran, Bandung untuk periode 2012-2017. Sampai dengan sekarang beliau aktif sebagai penganjar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Padjadjaran dan sebagai dosen tamu di berbagai Universitas.

Selain berkecimpung di dunia akademisi, beliau juga mendedikasikan diri dalam berbagai organisasi dan aktivitas lainnya. Tercatat pada periode 2013-2017, Ia diamanahi menjadi Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (AFEBI). Dalam waktu yang hampir bersamaan, beliau juga merupakan Regional Ekonomis di Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Indonesia.