Nunung Nuryartono

Lahirkan di Semarang pada tanggal 9 September 1969. Menyelesaikan pendidikan S1 pada tahun 1992 Jurusan Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya, Institut Pertanian Bogor. Melanjutkan Pendidikan S2 di bidang Ekonomi Pertanian Institut Pertanian Bogor (1997 selesai) Pada tahun 2002 melanjutkan Pendidikan jenjang S3 di Georg August University of Goettingen, German dan diselesaikan pada tahun 2005. Pada tahun 2019 ditetapkan sebagai Guru Besar di Bidang Ekonomi Pembangunan.

Spesialisasi penelitian pada bidang-bidang yang berkaitan dengan ekonomi pembangunan (Inclusive Economics Development), pertumbuhan ekonomi, financial inclusion dan perbankan. Berbagai amanah jabatan telah diemban baik di dalam kampus maupun di luar kampus, seperti Sekretaris Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB, Ketua Program Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi (FEM-IPB), Direktur Pusat Kajian (Intercafe-International Center for Applied Finance and Economics-LPPM IPB), Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Sementara itu penugasan di luar kampus, diantaranya sebagai Anggota Dewan Riset Nasional Republik Indonesia, Sekretaris Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres -RI), anggota team ahli Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Berbagai penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri telah diperoleh diantaranya, Semi Finalist Research Excellent dari Global Development Network pada tahun 2011, National Expert untuk Productivity dari Asian Productivity Organization tahun 2011. Pada tahun 2009 memperoleh kesempatan sebagai visiting researcher di International Food Policy Research Intitute (IFPRI) Washington DC. Dan sejak tahun 2012-sekarang menjadi Visiting di School of Economics Faculty of Profession, University of Adelaide. Tahun 2014 memperoleh penghargaan sebagai fellow di University of British Columbia. Tahun 2017 mengikuti program Future Leaders dari AIC di Australia. Mulai tahun 2019-sekarang, Prof Nunung juga diberikan kesempatan sebagai Senior Fellow pada Australia-Indonesia Center.

Organisasi profesi dalam dan luar negeri diantaranya : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia, Australian Agricultural and Resource, German Economic Association, Research Group on Development Economics, Royal Economics Society. Aktif membimbing, menguji mahasiswa serta memberikan kuliah tamu dari berbagai PT di dalam dan di luar negeri seperti Wageningen University and Research (WUR- Belanda), KU-Leuven Belgia, University of Adelaide, University of Queensland, Monash University (Australia), Georg August University of Goettingen. German. Berbagai karya Ilmiah telah diterbitkan di berbagai jurnal nasional dan internasional.