Peranan Stakeholder Daerah dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19

Bandung, BSBI- Ekonomi nasional terus berupaya untuk bisa pulih dari dampak pandemi covid-19. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah telah merumuskan dan mengimplementasikan program-program pemulihan ekonomi.

Dalam acara FGD Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) Satori (anggota Komisi XI DPR RI) dari Fraksi Nasdem menjelaskan bagaimana penting penguatan sendi-sendi perekonomian sehingga ekonomi daerah bisa pulih. Satori menjelaskan pemerintah daerah harus fokus pada pemulihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) karena menjadi penopang utama ekonomi daerah. Dalam sambutannya, Satori menyotori ultra mikro yang belum tersentuh sektor perbankan yang akan terus terpuruk saat pandemi.

Sementara itu, Vera Febyanthy dari Fraksi Demokrat menuturkan pentingnya sektor pertanian bagi perekonomian Jawa Barat, bukan hanya dalam rangka menjaga food security tetapi juga untuk menekan inflasi. Dalam kaitannya dengan peranan stakeholder di Jawa Barat, Vera meminta Bank Indonesia dan OJK fokus pada sosialisasi untuk mempercepat digitalisasi ekonomi. Akan tetapi, Vera menekankan digitalisasi tersebut jangan sampai merugikan masyarakat. Contohnya adalah penertiban pinjaman online illegal karena menetapkan bunga yang sangat tinggi.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat,  Herawanto, memaparkan berbagai perkembangan ekonomi Jawa Barat baik dari sisi pertumbuhan ekonomi, inflasi, hingga indikator-indikator sosial seperti kemiskinan dan pengangguran. Dijelaskan juga kerjasama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dengan stakeholder di daerah dan program-program pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam presentasinya, Herawanto menjelaskan bagaimana peranan Bank Indonesia Jawa Barat dalam digitalisasi ekonomi.

Bertindak sebagai moderator, Ketua BSBI Muhammad Edhie Purnawan menjelaskan forum FGD tersebut sangat penting untuk mempertemukan antara pengawas dan lembaga yang diawasi. Ketua BSBI juga menekankan penting peranan BSBI dalam menjembatani komunikasi antara Komisi XI DPR dengan Bank Indonesia baik di pusat maupun di daerah.