Ruang Lingkup Peran dan Tugas

Pembentukan BSBI didasarkan pada gagasan bahwa Bank Indonesia yang independen harus diawasi dalam rangka untuk memperkuat kredibilitasnya sebagai bank sentral dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance.

Hal ini sangat penting bagi Bank Indonesia untuk mendapatkan kredibilitas dari kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk pemulihan krisis ekonomi yang mendalam pada tahun 1998 yang dialami Indonesia. Salah satu kewajiban Bank Indonesia adalah menyampaikan laporan kepada DPR secara triwulanan yang dapat diakses oleh publik.

Peran utama dari BSBI adalah membantu DPR dalam mengawasi Bank Indonesia di area operasional untuk membantu menjaga dan meningkatkan akuntabilitas, independensi, transparansi dan kredibilitas.

BSBI melaksanakan telaahan atas :

  1. Laporan Keuangan Tahunan Bank Indonesia (LKTBI) :
    • Laporan Keuangan Tahunan BI yang telah di audit oleh BPK dan telah disampaikan kepada Komisi DPR-RI yang membidangi BI (Komisi XI), meliputi: neraca dan laporan surplus /defisit beserta lampirannya.
    • Laporan neraca singkat Mingguan BI, Laporan Keuangan Interim BI, Laporan surplus Defisit bulanan pada posisi bulan/tahun berjalan beserta dokumen pendukungnya.
  2. Anggaran Operasional Bank Indonesia :
    • Anggaran Operasional Tahunan BI (RATBI) yang telah disampaikan BI kepada Komisi XI DPR-RI, dan selanjutnya Komisi XI DPR-RI meminta BSBI untuk menelaahnya.
    • Anggaran Kegiatan Operasional Tahunan yang telah mendapatkan persetujuan Komisi XI DPR-RI, dan Laporan Pelaksanaan Anggaran Operasional BI yang disampaikan kepada Komisi XI DPR-RI secara Triwulanan.
  3. Investasi Bank Indonesia :
    • Laporan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Investasi BI dalam Aktiva Tetap (gedung, tanah, kendaraan, dsb) dan Aktiva Tidak Berwujud (Teknologi Informasi) untuk mendukung kegiatan operasional, dan telah dilaporkan kepada Komisi XI DPR-RI secara Triwulanan. Dalam hal ini tidak termasuk investasi yang terkait dengan pelaksanaan kebijakan di bidang moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran yang menjadi tugas pokok Bank Indonesia.
  4. Tata Kelola Bank Indonesia (Governance) :
    • Prosedur yang terkait dengan penerapan prinsip-prinsip governance dalam ketentuan Peraturan Dewan Gubernur (PDG), Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) dan Surat Edaran (SE) terkait Manajemen Intern Bank Indonesia.
    • Penerapan atas tata kelola pengambilan keputusan Bank Indonesia.
  5. BSBI melakukan telaahan lainnya yang ditugaskan oleh Komisi XI DPR-RI.

 

 

 

Peran Formal