Hibah Penelitian (HiPe) BSBI 2022

Pada Tahun 2022, BSBI menawarkan kerjasama penelitian akademik kepada kampus maupun lembaga penelitian melalui program kompetisi Hibah Penelitian (HiPe) BSBI untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang relevan bagi Bank Indonesia.

Topik penelitian yang ditawarkan BSBI mencakup tiga hal yaitu central bank digital currency (CBDC), bank sentral hijau, dan perbankan syariah. Ketiga topik tersebut sangat relevan dikaji karena menjadi isu, baik di tataran nasional maupun global. Pada topik CBDC, fokus kajian adalah analisis desain CBDC yang sejalan dengan arsitektur sistem pembayaran dan sistem moneter di Indonesia. Sementara pada bank sentral hijau, penelitian diarahkan pada formulasi bank sentral yang sejalan dengan konsep-konsep ekonomi hijau. Terakhir, topik perbankan syariah bergerak pada analisis stabilitas di tengah pandemic COVID-19 dan tren digitalisasi.

Tujuan Program

Hibah Penelitian BSBI merupakan kompetisi penelitian yang bertujuan untuk:

  1. Menyusun kajian akademik terkait topik yang ditetapkan termasuk policy brief.
  2. Merumuskan rekomendasi kebijakan yang berkaitan dengan tugas BSBI.
  3. Berkontribusi terhadap peningkatan atmosfer penelitian di bidang ekonomi dan keuangan.

Penetapan Pemenang

Pemenang kompetisi HiPe BSBI 2022 akan ditetapkan 1 (satu) tim dari setiap topik penelitian.

Pendaftaran Tim Peneliti

Setiap peserta yang akan mengikuti kompetisi HiPe BSBI 2022 harus mendaftar melalui pranala Formulir Registrasi Hipe 2022 serta mengikuti semua persyaratan yang tercantum dalam Panduan HiPe sebagaimana terlampir.

Formulir CV TIM Peneliti

Panduan HiPe

 

Info lebih lanjut dapat menghubungi:

Email      : info[at]bsbi.go.id

Telepon  : 021-29817480