Perlu Terobosan BI Mendorong Perekonomian Sumatera Selatan

Palembang, BSBI- Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafiz Tohir menyampaikan perlunya BI melakukan terobosan guna mendorong perekonomian Sumatera Selatan. Hal tersebut diutarakannya dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Badan Supervisi Bank Indonesia bekerjasama dengan KPw BI Sumsel pada 22 Februari 2021 lalu.

Senada dengan Hafiz Tohir, Fauzi Amro Anggota Komisi XI DPR RI yang juga berasal dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan menekankan sinergi antara KPw BI Sumsel dengan para pemangku kepentingan mutlak diperlukan. Sebagai bank sentral dengan jaringan Kantor Perwakilan (KPw) yang tersebar diseluruh provinsi dan 12 Kabupaten/Kota di Indonesia diharapakan BI mampu meningkatkan peranan yang lebih riil lagi dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah maupun nasional.
Diskusi yang mengambil tema “Sinergi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan dengan Stakeholders dalam Pembangunan Ekonomi di Sumatera Selatan” menghadirkan sejumlah pemangku kepentingan seperti, dinas-dinas yang berada di lingkungan pemerintah Sumatera Selatan, akademisi, UMKM, pondok pesantren maupun sejumlah tokoh lainnya.

Dalam kesempatan tersebut peserta diskusi mendukung peranan yang telah dilakukan oleh KPw BI Sumsel selama ini sebagai regional economic advisory dan berharap peran yang lebih optimal lagi. Beberapa program inisiasi dan percontohan yang telah dilakukan oleh BI diharapkan menginspirasi stakeholders lainnya untuk dapat berkembang kedepannya. “Pertanian dan perikanan sedang mengalami kenaikan harus disorong agar bisa mendongkrak perekonomian Sumsel”, pungkas Hafizd Tohir.

Suasana diskusi yang hangat dan dinamis tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan peranan dan kredibilitas BI di daerah dan pada saat yang sama menjadi gambaran bagi BSBI dalam memberikan masukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dalam memotret kinerja Bank Indonesia.