Anggota BSBI Periode 2020 – 2023

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-16 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2019-2020.

Anggota BSBI dipilih lewat serangkaian proses dalam parlemen, seperti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Kemudian, Komisi XI DPR RI secara musyawarah mufakat memutuskan memilih lima nama calon Anggota BSBI Periode 2020-2023, untuk disahkan dalam rapat paripurna.

Kelima calon Anggota BSBI terpilih itu berasal kalangan ahli praktisi ekonomi dan civitas academica, diantaranya Muhammad Edhie Purnawan (Dosen Fakultas Ekonomi UGM, R. Nunung Nuryanto (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB), Muhammad Nawir Messi (Anggota Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha), Mohammad Khusaini (Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya),  dan Nury Effendi (Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran).

Sebagai anggota terpilih, kelimanya akan bertugas melakukan pengawasan langsung terhadap kinerja BI, yang utamanya dalam meningkatkan akuntabilitas, independensi, transparansi, dan kredibilitas. Selain itu, Anggota BSBI terpilih juga nantinya akan membantu DPR RI dalam memberikan gambaran kebijakan yang diambil, sehingga DPR RI memiliki instrumen yang tepat dalam mengawasi berbagai tugas BI agar menjadi lebih baik.